4 Point yang Diinginkan Pembeli Saat Belanja Online

memulai bisnis online

memulai bisnis online“Gwen, barang pesanan lo dateng lagi nih..,” teriak kurir jasa pengiriman di depan rumahnya. Gwen, 32 tahun, karyawati sebuah perusahaan BUMN ini memang suka sekali belanja online.

Saking seringnya ia belanja online, beberapa kurir jasa pengiriman bahkan jadi mengenalnya dengan baik. Dalam sebulan ia belanja online paling tidak sebanyak 4 kali. Produk yang ia beli umumnya adalah baju, sepatu, tas, hingga baju untuk anaknya.

Bagi Gwen, belanja online sangat praktis dan memudahkan terutama untuk dia yang cukup sibuk. Rutinitas belanja online ini sudah ia lakukan setidaknya empat tahun terakhir.

“Belanja online itu enak soalnya barangnya lucu-lucu, terus juga lumayan murah,” kata wanita berambut pendek ini.

Kami berbincang dengan dua orang yang gemar belanja online, untuk menemukan apa yang sebenarnya mereka harapkan saat belanja online:

Ingin barang cepat sampai

Salah satu hal yang membuat Gwen ketagihan belanja online adalah barang pesanan yang cepat sampai. Dalam hal ini, tentu saja penjual juga diharapkan tanggap dan segera merespon pesanannya.

Ia menuturkan, rata-rata dalam tiga hari produk pesanannya sudah sampai. Hal yang sama juga alasan mengapa Laras suka belanja online.

“Harusnya sih paling lama 3 hari setelah pembayaran sudah sampai ya. Kalau lebih dari itu biasanya udah kapok belanja di situ (toko online) lagi,” kata wanita 30 tahun yang gemar belanja barang fashion dan pernak-pernik ini.

Pelayanan yang baik

cust serviceKecepatan dan keramahan dalam melayani pelanggan rupanya juga jadi perhatian bagi dua wanita ini. Beberapa kali Laras mengalami pengalaman kurang menyenangkan saat belanja online.

“Biasanya kalau beli dari sis online (red- pedagang online, tanpa pihak perantara) mereka jutek. Nggak ramah dan lama responnya, terus kalau kita nanya suka jarang dijawab.

Terus kalau kita complain juga nggak ditangani dengan baik. Itu sih yang bisa bikin kapok belanja” cerita Laras.

Kemasan yang cantik, perlukah?

Terkait soal kemasan, Gwen dan Laras memiliki pendapat yang sama. Yakni kerapihan dan kekuatannya dalam menjaga produk yang dipesan.

“Sebisa mungkin sih packagingnya yang rapi dan barangnya tidak rusak saat sampai di rumah,” ujar Gwen. Namun dia menambahkan bila kemasan yang cantik juga bisa menjadi nilai plus dari belanja online.

“Biasanya kalau packingnya lucu rasanya tuh kaya dikasih hadiah, padahal kan kita beli sendiri ya. Terus juga kalau lucu kan bisa diposting di sosmed,” tambahnya.

Keakuratan produk

Salah satu poin yang penting dari belanja online adalah akurasi dari gambar dan barang yang sebenarnya. Dalam sebuah kesempatan, Laras pernah merasakan pengalaman buruk soal ini.

“Di gambar warnanya hitam agak kecoklatan, tapi dideskripsi warnanya abu-abu. Yang datang ternyata benar warna abu-abu. Agak kecewa sih, karena fotonya menipu,” cerita wanita berkacamata ini.

Selain tepat dari segi deskripsi produk, penting juga untuk memastikan barang yang dikirim adalah sesuai dengan pesanan. Meski terdengar klise, nyatanya kesalahan pengiriman produk masih saja dirasakan oleh pembeli. “Pernah juga beli baju untuk anak, pesen yang model apa, eh datengnya yang model lain. Kalau kaya gini kan repot mesti balikin segala, jadi agak males kalau pesen lagi ke toko itu,” tutur Gwen.

Nah, 4 poin di atas adalah hal dasar yang diinginkan oleh pembeli. Sudahkah Anda menerapkannya?

✓ 8 Pengrajin Lokal Ini Produsen Kain Tenun yang Eksotis

produsen kain tenun

Buat para pencinta nuansa etnik, kain-kain tradisional khas Nusantara pastinya selalu bisa membuatmu jatuh cinta.

Bukan hanya batik, kain tenun yang dimiliki hampir oleh tiap daerah di Indonesia pun tentunya menjadi incaranmu untuk dimiliki, baik yang sudah diproses menjadi beragam pakaian ataupun benda-benda kerajinan ataupun yang masih berbentuk lembaran kain.

Namun, memang mencari kain tenun dalam bentuk lembaran memang agak sulit dibandingkan saat kamu mencari benda-benda handmade yang berbahan kain tenun.

1. Tenun Ikat Gallery

motif kain tenun pengrajin lokal

Di Jakarta pun, ternyata ada pengrajin lokal yang fokus membuat beragam kain tenun dengan alat tenun bukan mesin. JiKA sudah demikian, kamu tidak perlu lagi meragukan nuansa handmade dari kain-kain khas Nusantara tersebut, bukan?

Menamakan dirinya sebagai Tenun Ikat Gallery, di pengrajin lokal ini kamu bisa menjumpai beragam motif tenun dari berbagai daerah di Tanah Air.

Mematok harga kain-kain tenunnya di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 250.000 per lembarnya, kamu pasti sependapat bahwa nilai yang ditawarkan pengrajin ini sangat terjangkau.

Dengan harga yang demikian bersahabat, kamu sudah bisa membawa pulang kain tenun dengan ukuran lebar lebih di kisaran 1-1,5 meter dan panjang berkisar 200 cm sampai 250 cm.

Motifnya sendiri beraneka rupa. Kamu bisa memilih kain lurik dengan motif simpel berbahan katun, tenun blangket, hingga tenun rangrang yang terkenal dari Bali.

2. Tenun Ikats Gapuro

Siapa bilang Pulau Jawa hanya memiliki batik sebagai kain khasnya? Buktinya, Jepara yang dikenal denga ukiran jatinya ini pun memiliki jenis kain tenun yang patut dipertimbangkan untuk menjadi koleksimu.

Untuk memilikinya, kamu bisa melihat-lihat koleksi yang dipajang oeh Tenun Ikats Gapuro.

Pengrajin lokal asa Jepara ini memang menjual beragam kain tenun khas daerah tersebut berikut benda-benda turunannya, seperti pakaian dari kain tenun ataupun syal tenun.

Ciri dari tenun Jepara adalah motif khasnya yang menyerupai motif ukiran segitiga yang begitu terkenal.

Kamu pun bisa melihatnya dari beragam koleksi kain tenun lembaran yang dijual oleh Tenun Ikats Gapuro dengan harga Rp 150.000.

Memberikan pilihan warna-warna yang beraneka rupa, dijamin kamu akan bingung sendiri memilih kain tenun mana dari pengrajin ini yang akan menjadi koleksimu.

Tapi, tenang saja, dengan harganya yang sangat terjangkau tersebut, kamu juga bisa kok memborong kain-kain tenun berukuran 2×1 meter dari Tenun Ikats Gapuro ini.

3. Songket Rangrang Lombok Art Shop

kain tenun indonesia

Sesuai namanya, pengrajin lokal asal Mataram, Nusa Tenggara Barat, ini memang menjual kain tenun khas daerah tersebut yang berjenis rangrang. Ya, tidak hanya Bali, Lombok pun memiliki jenis kain tenun khas yang juga disebut kain rangrang. Dengan motif utama yang menyerupai deretan belah ketupat, rasa-rasanya tidak ada orang yang bisa menolak keeksotisan kain tenun khas daerah ini, termasuk kamu tentunya.

Di Songket Rangrang Lombok Art Shop, kamu bisa memilih sendiri motif kain rangrang yang kamu sukai. Ada kain rangrang yang terkesan simpel dengan barisan belah ketupatnya sampai ada yang benar-benar tampak mewah karena ditenun dengan benang emas. Harganya sendiri sesuai dengan motif yang kamu pilih. Semakin rumit motifnya tentu saja harganya semakin tinggi. Untuk selembar kain tenun berukuran lebar sekitar 50-60 cm dan panjang antara 200-380 cm ala Songket Rangrang Lombok Art, dana yang mesti kamu siapkan berkisar Rp 250.000 sampai Rp 675.000. Tentu saja harga ini termasuk murah dibandingkan saat kamu mesti berburu langsung kain tenun ini ke daerah asalnya.

4. Kain Lampung

Pengrajin asal Bandar Lampung ini mungkin yang kamu cari untuk melengkapi koleksimu. Khusus menjual kain tenun khas Lampung, kamu pasti akan berlonjak senang karena sadar bahwa kini tidak sulit menemukan tenun khas daerah ini yang kerap disebut kain tapis. Dibandingkan kain-kain tenun lainnya, tapis terasa begitu unik karena mengandung akulturasi budaya Nusantara dengan Islam di tiap lembarannya, yang tampak melalui tulisan-tulisan kaligrafi yang terdesain indah.

Kain Lampung menjual dua model tapis yang bisa kamu pilih sesuai keadaan kantongmu. Ada kain tapis dengan hiasan kaligrafi sulam berbenang emas yang dipatok dengan harga Rp 850.000. Ukurannya sendiri adalah 100×60 cm. Sementara itu, jika ingin kain dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih tapis yang berhiaskan tulisan kaligrafi yang dibordirnya. Dengan ukuran yang sama, kain tapis dengan hiasan border ini dijual dengan harga Rp 250.000. Jadi, yang mana pilihanmu?

5. Tenun Ikat Kurniawan

Kalau kamu mencari beragam kain tenun yang pas untuk dijadikan busana, kamu bisa menemukannya di Tenun Ikat Kurniawan. Pengrajin asal Kediri ini menjual beragam kain tenun berjenis ikat dengan aneka motif yang akan membuatmu jatuh cinta. Tidak hanya dari segi desainnya yang ciamik, kecintaan kamu terhadap kain tenun dari pengrajin ini juga bisa didapati dari ukuran dan harganya.

Hanya mematok harga kain tenunnya di angka Rp 175.000, kamu pasti sadar bahwa harga tersebut sangat terjangkau. Apalagi, kain tenun ala Tenun Ikat Kurniawan dikerjakan menggunakan alat tenun bukan mesin. Dengan ukuran panjang 2,5 meter dan lebar 95 cm, kain tenun lembaran ini pun bisa dikreasikan ke dalam bentuk beragam busana pilihanmu. Ditambah lagi, kain-kain tenunnya dibuat dari benang katun sehingga menghasilkan lembaran kain yang tidak panas jika dipakai sebagai pakaian.

6. Dreamdelion

Guna menjalankan misinya memberdayakan dan melestarikan budaya lokal, pengrajin asal Sleman ini dengan cerdik mengaplikasikan kain tenun ke dalam berbagai benda kebutuhan sehari-hari. Ya, di Dreamdelion, kamu bisa menjumpai sepatu dengan paduan kain tenun hingga laptop case yang dibuat dari kain khas Nusantara yang satu ini. Namun, bukan hanya itu, di Dreamdelion pun kamu bisa menambah koleksimu dengan pilihan jenis kain tenun berjenis lurik ataupun kotak-kotak.

Dengan pilihan warna yang beragam, kamu cukup membayar antara Rp 125.000 sampai Rp 135.000 untuk selembar kain tenun jenis ikat ini. Ukurannya sendiri cukup besar, yakni dengan panjang mencapai 5 meter dan lebar 15 cm. Wah, dengan kain tenun sepanjang ini, kamu bisa menjadikannya sebagai syal, stagen, ataupun dijadikan material dasar untuk berbagai benda handmade lainnya.

7. Shavasana Handmade

Bukan hanya jatuh cinta pada panorama alam di Bali, melainkan juga pada budayanya? Jangan mengaku demikian jika kamu belum memiliki kain tenun khas Pulau Dewata. Tidak sulit mencarinya sebab di Shavasana Handmade, tersedia kain tenun lembaran khas Bali yang tampil sangat eksotis. Uniknya, kain tenun khas Bali tersebut dibuat oleh Shavasana yang bermarkas di Bandung.

Selain menjual kain tenun dalam bentuk lembaran, pengrajin lokal yang satu ini juga menjual berbagai macam benda bermaterialkan kain tenun yang sama. Di sini, kamu bisa menemukan tas hingga apron. Harga-harga yang ditawarkan Shavasana Handmade pun terbilang tidak terlalu mahal. Untuk selembar kain tenun dengan motif khas Bali, kamu hanya perlu membayar Rp 300.000.

8. Tenun Ethnic Jepara

produsen kain tenun

Satu lagi pengrajin asal Jepara yang menjual beragam kain batik berbentuk lembaran yang akan membuatmu jatuh cinta. Menamakan diri sebagai Tenun Ethnic Jepara, pengrajin lokal yang satu ini menjual kain tenun beragam motif hingga busana yang dibuat dari bahan dasar kain tenun. Uniknya, Tenun Ethnic Jepara tidak terbatas menjual kain tenun dengan motif khas Jepara. Pengrajin ini nyatanya menghadirkan juga beragam pilihan kain tenun khas berbagai daerah, mulai dari Jawa sampai Kalimantan!

Ukuran kain yang ditawarkan Tenun Ethnic Jepara cukup besar, yaitu 250×110 cm. Dengan ukuran ini, kamu bisa leluasa mengubah kain tenun yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin ke dalam berbagai bentuk, mulai dari busana ataupun kreasi lainnya. Harganya pun terbilang bersahabat. Hanya dengan Rp 190.000 sampai Rp 250.000, kamu sudah bisa menambah koleksi tenun ikatmu di rumah dari lembaran kain buatan Tenun Ethnic Jepara.

Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor 2020

proses balik nama

Berbagai macam kendaraan jika diperjualbelikan, membutuhkan prose balik nama kendaraan. Sebagai bukti kepemilikan atas kendaraan bermotor, hal ini memang wajib segera dilakukan oleh pemilik yang baru.

Dari mulai roda empat atau mobil sampai sepeda motor, bukti kepemilikan kendaraan ini disebut dengan BPKB kependekan dari Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

BPKB ini tidak berlaku untuk pemilik sepeda ya, meskipun harga sepeda banyak yang lebih mahal dari motor, tetapi aturannya memang hanya kendaraan bermesin saja. Buat para goweser, tidak perlu balik nama kendaraan.

Dokumen Persyaratan yang Disiapkan Saat Proses Balik Nama

  • STNK yang asli dan fotokopi
  • KTP pemilik kendaraan baru, asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi bukti pembelian kendaraan bermotor yang dibubuhi materai dan sudah ditanda tangani pemilik lama dan pemilik baru

Kendaraan yang akan dibalik nama wajib juga Anda bawa ya.

Prosedur Balik Nama Motor & Mobil

  1. Datang ke samsat terdekat, datanglah ke samsat yang melayani daerah Anda. Cek alamat Anda termasuk wilayah operasi samsat mana. Penulis sendiri punya pengalaman ketika berurusan dengan samsat kepolisian, asal datang saja ke samsat kota tempat tinggal penulis. Ternyata samsat kota itu hanya melayani kecamatan kota saja, padahal kecamatan penulis sudah ada samsat juga. Ini karena saat itu kami warga baru jadi tahunya ya kota aja. Ternyata samsat itu ada yang level kecamatan, jadi jangan sampai keliru ya. Cek dulu tempat Anda siapa tahu beda. Kalau perlu, pembaca bisa menghubungi CS samsat dengan mencari no telpon samsat dan bertanya terlebih dahulu sebelum datang ke samsat
  2. Bawa dokumen pada point sebelumnya. Agar lebih rapi, bawa pula map atau blangko agar tidak tercecer. Fotokopi berkas juga bisa Anda lebihkan misal tiga sd empat lembar, buat jaga-jaga kalo kurang atau rusak dsb. Serahkan ke samsat dokumen Anda di loket pendaftaran, biasanya sebelum menyerahkan dokumen, jika pendaftar sangat banyak, samsat akan membuat sistem antrian dengan nomor antrian. Anda cukup ambil nomor antrian, sambil menunggu ke loket selanjutnya untuk menyerahkan dokumen kelengkapan untuk mengurus biaya balik nama bpkb. balik nama kendaraan
  3. Cek fisik kendaraan bermotor, setelah menyerahkan dokumen ke loket pendaftaran dinyatakan selesai dan valid. Petugas kepolisian akan mengarahkan cek fisik mobil atau motor Anda. Ini bertujuan untuk memeriksa secara legal formal emang benar, bukan selundupan atau pun pencurian dan seterusnya. Nanti akan keluar hasil lembaran cek fisik, silahkan difotokopi hasil cek fisik. Ini diperlukan untuk pengurusan di POLDA.
  4. Proses pendaftaran balik nama BPKB ke loket selanjutnya, setelah cek fisik dan dokumen-dokumen lengkap selanjutnya menuju ke proses pendaftaran balik nama, disini ada proses pengisian formulir yang harus dilengkapi dan diisi berdasarkan dokumen persyaratan balik nama mobil /motor Anda. Disini Anda bisa bertanya berapa lama proses balik nama mobil dan atau motor Anda, biasanya kalau tidak banyak antrian dan blanko BPKB banyak, petugas akan menjawah hari itu juga jadi. Tapi pada umumnya, petugas akan meminta untuk mengambil BPKB selang 3 sd 6 hari.
  5. Pembayaran dan pengambilan bukti (notice). Proses ini adalah pembayaran biaya balik nama bpkb motor atau mobil. Siapkan dokumen persyaratan balik nama seperti BPKB asli dan lainnya jika diminta. Petugas akan memeriksa dan membuat arsip dari berkas yang kita serahkan. Untuk pembayaran biasanya dilakukan di loket bank yang berbeda bilik dengan loket sebelumnya. Selain itu juga ada loket pembayaran bea balik nama (BBN) BPKB. Semua loket ini bisa jadi ada proses antrian yang wajib dilakukan dengan tertib dan sabar.
  6. Pengambilan BPKB balik nama, langkah ini adalah paling seru, rasanya lega jika hal ini selesai.

Proses cara balik nama kendaraan memang tidak sebentar, butuh waktu dan biaya. Semuanya butuh proses, semoga cepat selesai ya hajat Anda.