proses balik nama

Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor 2020

Berbagai macam kendaraan jika diperjualbelikan, membutuhkan prose balik nama kendaraan. Sebagai bukti kepemilikan atas kendaraan bermotor, hal ini memang wajib segera dilakukan oleh pemilik yang baru.

Dari mulai roda empat atau mobil sampai sepeda motor, bukti kepemilikan kendaraan ini disebut dengan BPKB kependekan dari Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

BPKB ini tidak berlaku untuk pemilik sepeda ya, meskipun harga sepeda banyak yang lebih mahal dari motor, tetapi aturannya memang hanya kendaraan bermesin saja. Buat para goweser, tidak perlu balik nama kendaraan.

Dokumen Persyaratan yang Disiapkan Saat Proses Balik Nama

  • STNK yang asli dan fotokopi
  • KTP pemilik kendaraan baru, asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi bukti pembelian kendaraan bermotor yang dibubuhi materai dan sudah ditanda tangani pemilik lama dan pemilik baru

Kendaraan yang akan dibalik nama wajib juga Anda bawa ya.

Prosedur Balik Nama Motor & Mobil

  1. Datang ke samsat terdekat, datanglah ke samsat yang melayani daerah Anda. Cek alamat Anda termasuk wilayah operasi samsat mana. Penulis sendiri punya pengalaman ketika berurusan dengan samsat kepolisian, asal datang saja ke samsat kota tempat tinggal penulis. Ternyata samsat kota itu hanya melayani kecamatan kota saja, padahal kecamatan penulis sudah ada samsat juga. Ini karena saat itu kami warga baru jadi tahunya ya kota aja. Ternyata samsat itu ada yang level kecamatan, jadi jangan sampai keliru ya. Cek dulu tempat Anda siapa tahu beda. Kalau perlu, pembaca bisa menghubungi CS samsat dengan mencari no telpon samsat dan bertanya terlebih dahulu sebelum datang ke samsat
  2. Bawa dokumen pada point sebelumnya. Agar lebih rapi, bawa pula map atau blangko agar tidak tercecer. Fotokopi berkas juga bisa Anda lebihkan misal tiga sd empat lembar, buat jaga-jaga kalo kurang atau rusak dsb. Serahkan ke samsat dokumen Anda di loket pendaftaran, biasanya sebelum menyerahkan dokumen, jika pendaftar sangat banyak, samsat akan membuat sistem antrian dengan nomor antrian. Anda cukup ambil nomor antrian, sambil menunggu ke loket selanjutnya untuk menyerahkan dokumen kelengkapan untuk mengurus biaya balik nama bpkb. balik nama kendaraan
  3. Cek fisik kendaraan bermotor, setelah menyerahkan dokumen ke loket pendaftaran dinyatakan selesai dan valid. Petugas kepolisian akan mengarahkan cek fisik mobil atau motor Anda. Ini bertujuan untuk memeriksa secara legal formal emang benar, bukan selundupan atau pun pencurian dan seterusnya. Nanti akan keluar hasil lembaran cek fisik, silahkan difotokopi hasil cek fisik. Ini diperlukan untuk pengurusan di POLDA.
  4. Proses pendaftaran balik nama BPKB ke loket selanjutnya, setelah cek fisik dan dokumen-dokumen lengkap selanjutnya menuju ke proses pendaftaran balik nama, disini ada proses pengisian formulir yang harus dilengkapi dan diisi berdasarkan dokumen persyaratan balik nama mobil /motor Anda. Disini Anda bisa bertanya berapa lama proses balik nama mobil dan atau motor Anda, biasanya kalau tidak banyak antrian dan blanko BPKB banyak, petugas akan menjawah hari itu juga jadi. Tapi pada umumnya, petugas akan meminta untuk mengambil BPKB selang 3 sd 6 hari.
  5. Pembayaran dan pengambilan bukti (notice). Proses ini adalah pembayaran biaya balik nama bpkb motor atau mobil. Siapkan dokumen persyaratan balik nama seperti BPKB asli dan lainnya jika diminta. Petugas akan memeriksa dan membuat arsip dari berkas yang kita serahkan. Untuk pembayaran biasanya dilakukan di loket bank yang berbeda bilik dengan loket sebelumnya. Selain itu juga ada loket pembayaran bea balik nama (BBN) BPKB. Semua loket ini bisa jadi ada proses antrian yang wajib dilakukan dengan tertib dan sabar.
  6. Pengambilan BPKB balik nama, langkah ini adalah paling seru, rasanya lega jika hal ini selesai.

Proses cara balik nama kendaraan memang tidak sebentar, butuh waktu dan biaya. Semuanya butuh proses, semoga cepat selesai ya hajat Anda.