langkah langkah cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan di Masa Pandemi

Pusing memikirkan pengeluaran yang terus-menerus menggerogoti uang saku. Sampai bingun harus bayar ini itu, tetapi dompet kering. Cara ini bisa menebalkan isi dompetmu, meskipun kiriman orang tua sering telat.

Pandemi Corona masih berlangsung, setidaknya sampai artikel capitantifus.com ini di publish. Tidak ada yang tahu secara pasti kapan virus ini akan berakhir.

Sementara uang tetap harus dikeluarkan untuk membiayai kebutuhan hidup. Beban keuangan tidak kenal pandemi, tidak mengenal kiriman seret, tidak mengenal orang tua kita terdampak atau tidak. Cicilan tetap harus dibayar.

Berikut ini tips pribadi Capitantifus untuk menekan pengeluaran, ya minimal membuat uang tetap exist di dompetmu.

5 Tips Efektif Cara Hemat Membelanjakan Uang Jajan

  1. Buatlah list semua belanjaanmu. Bisa ditulis manual ke dalam buku catatan, atau kamu juga bisa menulis di handphone atau laptop. Tulis lengkap sedetail-detailnya, jangan sampai terlewat. Tulis juga kisaran nominalnya berapa, gak usah terlalu persis gak papa kalo nominalnya, yang penting jenis pengeluarannya yang lengkap tanpa tercecer.
  2. Pilah-pilah belanjaanmu menjadi 2 (dua) macam, yaitu: barang yang diinginkan dan barang yang dibutuhkan. Bisa dengan cara memberikan ceklist, misal berbentuk tabel. Atau cukup ditulis disampingnya, ini sangat diinginkan, yang ini sangat dibutuhkan, dan seterusnya sampai semua list no 1 (satu) diatas sudah diberi catatan,
  3. Kategorikan biaya pengeluaranmu menjadi 2 (dua) juga, yaitu: sangat mendesak dan tidak mendesak. Kemudian berikan catatan list no 1 (satu) tadi menjadi dua juga, barang yang sangat mendesak atau barang tidak mendesak. Lakukan sampai semua list selesai diberi catatan.
  4. Kategorikan masing-masing belanjaan uang jajan ke dalam 4 bagian. Yaitu ke dalam quadrant matrix mengelola keuangan seperti gambar berikut.

cara hemat membelanjakan uang jajan

Contoh Langkah-langkah Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Dengan tips diatas sekarang Anda tahu bahwa, beli barang yang lagi diskon terbatas padahal Anda tidak butuh-butuh amat, ini wajib Anda tinggalkan. Sebaiknya, hentikan melihat barang-barang ini. Karena hanya akan menguras uang sakumu.

Sebaliknya, ternyata prioritas pertama adalah membayar biaya wajib bulanan seperti uang SPP dan cicilan hutang, ini contoh langkahnya, karena termasuk yang harus dibayar sesegera mungkin. Kalau menurut Capitantifus.com sih, setelah dapat transferan dari orang tua, langsung bayar aja ini mah.

langkah langkah cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Sementara biaya untuk menabung dan sedekah, memang sekilas tidak mendesak dan tidak penting. Tapi ini termasuk urgent lo, karena efeknya jangka panjang, Anda bisa menomor duakan setelelah prioritas pertama, di paragrap sebelumnya sudah ditunaikan.

Dengan menerapkan cara ini, maka Anda tidak akan tergoda untuk membeli barang dengan harga promo yang ternyata hoax. Ternyata harganya sudah up dulu, baru dikasih promo 99%. Heeee..

Anda juga bisa menghindari pengeluaran diatas dengan metode yang menurut Capitantifus work, misalnya pergi ke kampus tidak usah bawa uang tunai banyak-banyak, dan gak perlu bawa ATM.

Ketika beraktivitas siapkan dulu bekal dari rumah, karena hal ini akan mengurangi biaya jajan Anda di sekolah. Gak perlu malu, demi masa depan yang lebih baik kan? Betul!!

Membawa botol air minum sendiri ketika bepergian juga trik yang ampuh lo. Gak perlu lagi beli air kemasan, wong di rumah tinggal rebus dan tuang gratis kan?

Manfaatkan fasilitas gratis disekitarmu. Misal kalo ada wifi gratis, pakai saja. Lumayan bisa menghemat biaya pulsa paket data kamu, lumayan bisa untuk menghemat uang jajan kamu.

Kemudian kamu juga bisa memulai merintis berjulaan kecil-kecilan, iseng-iseng aja. Meski untung sedikit, ya semua yang besar dari hal sederhana. Siapa tahu nanti jadi entrepreneur kan. Yuk kita mulai hidup hemat, semangat ya!