khasiat daun sirsak

Khasiat Alami Daun Sirsak untuk Kesehatan Panggul (Anti Radang)

Apakah Anda suka mengkonsumsi buah sirsak? Kebanyakan orang pasti menyukai buah yang rasanya asam-asam menyegarkan ini. Meskipun begitu banyak juga yang belum tahu bahwa semua bagian dari buah sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk daun sirsak untuk radang panggul.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat daun sirsak untuk radang panggul. Sebaiknya Anda mengenal penyakit yang menyerang wanita ini. Berikut ulasannya:

Kenali Penyakit Radang Panggul Serta Gejalanya

Radang panggul termasuk penyakit yang cukup serius karena menyangkut kesuburan dari seorang wanita. Penyakit ini jika tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah infertilitas atau kesulitan untuk hamil. Untuk itu sangat penting untuk mengenalinya dan mengetahui gejala-gejalanya.

Radang panggul adalah infeksi atau peradangan pada organ yang terdapat di panggul perempuan. Organ-organ tersebut diantaranya tuba falopi atau saluran telur, uterus atau rahim, leher rahim, serta indung telur. Radang panggul juga bisa disebut infeksi pada organ reproduksi. Penyakit ini merupakan komplikasi dari penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia.

Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri yang menginfeksi organ dalam panggul melalui vagina. Rentang usia yang biasanya menderita radang panggul diantara 15 hingga 24 tahun. Gejala radang panggul yang dirasakan oleh penderita diantaranya:

  1. Nyeri punggung bawah
  2. Nyeri di sekitar panggul
  3. Nyeri perut bagian bawah
  4. Nyeri saat melakukan hubungan seksual
  5. Pendarahan saat melakukan hubungan seksual
  6. Saat buang air kecil terasa perih dan panas
  7. Keputihan yang banyak dan berbau
  8. Haid yang tak beraturan
  9. Mudah lelah
  10. Muntah-muntah

Jika Anda merasakan gejala di atas sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyakitnya. Jika penyakit tersebut adalah radang panggul maka sesegera mungkin melakukan upaya pengobatan termasuk menggunakan daun sirsak.

Daun Sirsak Untuk Radang Panggul

Daun sirsak mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menyembuhkan radang panggul. Diantaranya, acetogenins, caclourine, annocatacin, gentisic acid, annocatalin, annohexocin, annonacin, anonol,annomuricin, anomurine,  linoleic acid, gigantetronin dan muricapentocin.

manfaat daun sirsak

Zat-zat tersebut merupakan anti bakteri yang dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri penyebab infeksi. Selain itu, daun sirsak juga dapat mengurangi bau dari keputihan yang dialami oleh penderita. Daun sirsak juga bagus dikonsumsi selama proses pemulihan sebab dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam daun sirsak juga terdapat zat besi yang baik dalam pembentukan tulang serta meningkatkan sel darah merah. Peradangan yang terjadi juga dapat diminimalisir dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Radang Panggul

Daun sirsak sangat mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Sebab sirsak merupakan botani asli hutan hujan yang terdapat di daerah dengan iklim tropis. Untuk mengobati radang panggul, Anda bisa mengolah daun sirsak dengan cara berikut:

  1. Siapkan lima hingga sepuluh lembar daun sirsak yang masih muda, kemudian cuci dengan air bersih yang mengalir.
  2. Rendam beberapa menit hingga semua kotoran yang menempel terendap dalam air. Cuci kembali.
  3. Rebus daun sirsak dengan tiga gelas air dan sisakan satu gelas saja.
  4. Saring dan tunggu hingga dingin.
  5. Anda bisa mencampurkannya dengan madu untuk menambah cita rasa.
  6. Minumlah secara rutin setiap hari.

Daun sirsak untuk radang panggul memang berkhasiat. Namun, sebelum melakukan pengobatan tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan bagi tubuh.

Lebih baik lagi jika Anda menghindari penyebab dari penyakit ini. Jangan melakukan hubungan seksual dengan bergonta ganti pasangan serta terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda. Demikian, semoga bermanfaat.